Rabu, 08 Oktober 2014

Cara Membuat Bisnis Gorengan Sehat

Membuka bisnis gorengan sehat tampaknya bisa menjadi peluang usaha yang mudah dan prospeknya cukup cerah. Gorengan merupakan sebutan untuk makanan ringan yang biasanya dijajakan di warung atau lapak pinggir jalan. Bila kita cermat maka akan mendapati fenomena penjual gorengan ada di mana-mana. Kesimpulan sementara yakni bisnis modal kecil ini mendatangkan keuntungan bagi banyak orang yang melakoninya.


Sebagian besar rakyat Indonesia suka ngemil gorengan, entah itu yang masuk kelas berat maupun yang berupa cemilan ringan. Gorengan sendiri banyak sekali jenisnya, sebut saja pisang goreng, tempe goreng, tahu goreng, tahu isi, menjos, tape goreng, ketela pohon, ketela rambat, dan sebagainya. Jadi untuk memulai usaha ini setidaknya Anda harus paham 2 atau 3 resep gorengan yang disebutkan tadi, supaya pilihan bagi pelanggan bervariasi dan tidak monoton.

Oke, sebelum kita belajar resep sederhana membuat gorengan, maka ada beberapa peralatan dan bahan yang harus disediakan untuk memulai bisnis kecil ini antara lain:

1. Kompor gas
2. Wajan dan alat-alat penggorengan
3. Baskom adonan
4. Nampan tempat gorengan yang sudah jadi
5. Bahan-bahan masak
6. Bahan pelengkap dan perlengkapan lainnya
7. Stan buka lapak, bisa dengan membuat meja sederhana kemudian ditutup lapisan perlak

Membuat gorengan pisang sangat mudah, tinggal berlatih dan praktek saja sebenarnya. Pertama kali kita membuat adonannya, yakni mencampurkan tepung terigu 125 mh, 1 sendok tepung beras, 1/4 sendok makan garam, dan dan 1/2 sendok makan gula. Setelah itu aduk adonannya secara perlahan dengan ditambahi air dikit demi sedikit, pastikan adonan tidak terlalu encer. Setelah jadi lalu masukkan potongan pisang ke dalam adonan hingga permukaannya tertutupi oleh adonan. Kemudian goreng sampai warnanya sedikit kecoklatan atau dirasa sudah masak.

Itu tadi resep sederhana untuk membuat pisang goreng yang maknyuss, Anda dapat mencari resep lainnya di internet. Untuk kalkulasi perhitungan modal secara kasar bisa seperti di bawah:

1. Kompor gas + tabung + isinya = Rp500.000
2. Peralatan penggorengan dan adonan = Rp. 200.000
3. Beli bahan untuk gorengan (pisang, tempe, tahu, tepung, garam dll) = Rp.40.000
4. Lain-lain = Rp.60.000
Total Rp.800.000.-

Keuntungan untuk satu gorengan relatif sesuai harga jual dikurangi biaya produksi. Misalnya satu gorengan bisa untung 250 rupiah, maka setiap 40 gorengan yang terjual jadi untung 10 ribu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar